my joehano

18/04/11

kelompok 5

selain bertujuan untuk mengukur tingkat suatu kemakmuran suatu negara, pendapatan nasional juga memiliki manfaat2 yang lain, diantaranya mengetahui dan menelaah struktur perekonomian nasional. data Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara industri, pertanian, atau negara jasa. Contohnya, berdasarkan pehitungan pendapatan nasional dapat diketahui bahwa Indonesia termasuk negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan negara industri, Singapura termasuk negara yang unggul di sektor jasa, dan sebagainya. Disamping itu, data pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekomian terhadap pendapatan nasional, misalnya sektor pertanian, pertambangan, industri, perdaganan, jasa, dan sebagainya. Data tersebut juga digunakan untuk membandingkan kemajuan perekonomian dari waktu ke waktu, membandingkan perekonomian antarnegara atau antardaerah, dan sebagai landasan perumusan kebijakan pemerintah.

faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional adalah :
1. permintaan agregat, seperti barang dan jasa yang akan di beli, oleh sektor2 ekonomi pada berbagai tingkat harga tertentu. jika terjadi perubahan permintaan atau penawaran agregat, maka perubahan tersebut akan menimbulkan perubahan2 pada tingkat harga, tingkat penganguran dan tingkat kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Adanya kenaikan pada permintaan agregat cenderung mengakibatkan kenaikan tingkat harga dan output nasional (pendapatan nasional), yang selanjutnya akan mengurangi tingkat pengangguran. Penurunan pada tingkat penawaran agregat cenderung menaikkan harga, tetapi akan menurunkan output nasional (pendapatan nasional) dan menambah pengangguran.

2. Konsumsi dan tabungan, adalah pengeluaran total untuk memperoleh barang2 dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu, dan sedangkan tabungan adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk konsumsi.

3. Investasi adalah Pengeluaran untuk investasi merupakan salah satu komponen penting dari pengeluaran agregat.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites