my joehano

13/04/10

wirausaha !!! apakah anda tertarik? silahkan mencoba sedikit kiat kiat tentang wirausaha ini.

WIRAUSAHA

ya mungkin kata wirausaha sudah tidak asing ditelinga kita semua. dan mungkin diantara kita semua sudah menjalankan apa itu wirausaha. di blog ini saya sedikit menulis kiat kiat atau cara berwirausaha

1.bagaimana cara memulai berwirausaha ?
Tahap-tahap kewirausahaan.secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha :

I. Tahap memulai, tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan franchising. Juga memilih usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri / manufaktur/ produksi atau jasa.

II. Tahap melaksanakan usaha atau diringkas dengan tahap “jalan” , tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang berkaitan dengan usahanya, mencangkup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi .

III. Mempertahankan usaha , tahap dimana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

IV. Mengembangkan usaha , tahap dimana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.

2. Bagaimana proses berfikir kreatif ?
Berfikir kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan gagasan-gagasan baru dan orisinil . Bahkan pada orang yang tidak mampu menciptakan ide baru pun sebenarnya bisa berpikir secara kreatif , asalkan dilatih. Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai cara berpikir dan cara berpikir kreatif.

3. Kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh para wirausahawan ?
Kompetensi entrepreneurial. Yaitu sekumpulan pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai satu kesatuan yang harus dimiliki dan dikembangkan wirausaha agar mampu memunculkan kinerja terbaiknya dalam berwirausaha. Kompetensi entrepreneurial dibagi kedalam 3 klaster, yaitu ;
Klaster inti : Kepemimpinan , Pengambilan keputusan , dan komunikasi .
Klaster manajerial : Manajemen waktu , Manajemen sumber daya manusia , Manajemen pemasaran dan manajemen keuangan .
Klaster etika : Etika bisnis dan Tanggung jawab sosial.

Selain itu kompetensi yang harus dimiliki seorang entrepreneur menurut Suryana (2003) :
1. Managerial skill
2. Conceptual skill
3. Human skill ( keterampilan memahami , mengerti, berkomunikasi dan berelasi )
4. Decision making skill ( keterampilan merumuskan masalah dan mengambil keputusan )
5. Time managerial skill ( keterampilan mengatur dan menggunakan waktu ).
4. Apa saja yang dimaksud dengan resiko ?Resiko adalah ketidaktentuan yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian. Baik kerugian secara rill ataupun psikologis.
5.Resiko apa saja yang dihadapi oleh setiap wirausahawan ?

• Resiko rill , adalah resiko yang terlihat , bisa dihitung , bisa diantisipasi dan bisa dihindari . Termasuk dalam resiko ini adalah :
1. Kehilangan modal baik yang sudah ditanam dan akan ditanampakn kedalam perusahaan .
2. Kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan, dimasa sekarang ataupun masa depan .
3. Kehilangan mata pencaharian untuk menutupi kebutuhan sehari-hari .
4. Kehilangan kendali atas kekuasaan yang selama ini dimilikinya (Deficion making) karena ada pengalihan gaya bisnis keluarga menjadi gaya bisnis profesional.

• Resiko psikologis , adalah resiko yang tidak terlihat, tidak bisa dihitung , bisa diantisipasi, tetapi belum tentu bisa dihindarkan . termasuk dalam resiko ini adalah :
1. Kehilangan reputasi (hilang muka , nama besar , citra , dan sebagainya ). Dan resiko menanggu malu .
2. Kehilangan kepercayaan pada diri sendiri dan pada orang lain .
3. Kehilangan perasaan atau mampu yang akan menyebabkan hilangnya rasa percaya diri .
4. Kehilangan jati diri.
5. Kehilangan motivasi.
6.Berapa jumlah pengangguran dan wirausahawan di indonesia ?

Jumlah wirausahawan menurut mentri negara koperasi dan UKM di indoesia hanya berkisar 0,18% dari seluruh jumlah penduduk di tanah air .
• Jumlah pengganguran menurut badan perencanaan nasional BAPPENAS , mengungkapkan dari 21.1 juta masyarakat indonesia yang masuk dalam angkatan kerja sebanyak 4,1 juta orang atau sekitar 22,2% adalah pengangguran .

7.Mengapa kewirausahaan penting dipelajari ?
Karena bisa sebagai pengetahuan dasar untuk orang yang akan memulai


SELAMAT MENCOBA. GOOD LUCK

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites